US Green Berets

US Green Beret

Prajurit Green Beret, atau dikenal dengan prajurit “Baret hijau”, merupakan unit tempur yang siap untuk segala jenis peperangan inkonvensional dan misi-misi rahasia. Dikenal sebagai United States Army Special Operations Command (USASOC). Awal mulai unit ini adalah pada oktober tahun 1961. Pada tahun-tahun awal Prajurit baret hijau, para komando AD AS mengetahui dan mengendus sifat elite dari kesatuan reguler tersebut. Akan tetapi, Presiden John. F Kennedy (1917-1963) melihat kebutuhan akan prajurit semacam ini. Dukungannya kemudian berujung pada pemekaran organisasi.

Peran Prajurit baret hijau ini sebagian besar berupa pengumpulan informasi intelijen dan serangan tempur di belakang garis musuh. Mereka juga terlibat didalam pelatihan pasukan anti-pemberontak di wilayah musuh, dengan misi inkonvensional dan anti-teroris. Ukuran dan cakupan operasi Green Beret yang luas, memberikan banyak pilihan bagi Presiden AS saat ada situasi yang membutuhkan pendekatan militer.

.

.

METODE PENGGELARAN

Green Beret mampu masuk dan keluar dari suatu area operasi melalui jalur darat, udara, dan laut. Melalui jalur laut, mereka menggunakan perahu kecil dan kano, juga bisa dengan berenang ke daratan, atau melalui penyelaman bawah laut dengan alat bantu pernapasan yang tidak menghasilkan gelembung udara sehingga keberadaan mereka tidak dapat terdeteksi musuh. Untuk penggelaran di darat, Green Beret menggunakan segala jenis transportasi militer, mulai dari sepeda motor beroda empat hingga mobil segala medan 4×4. Untuk penggelaran melalui udara, setiap prajurit merupakan prajurit yang terlatih dengan kualifikasi Para (prajurit parasut) dan merupakan penerjun yang handal. Dan mereka merupakan unit yang ideal untuk penggelaran prajurit parasut yang membutuhkan penerjunan gerak cepat.

.

.

ORGANISASI DAN LATIHAN

Terdapat tujuh grup dalam unit ini. Masing-masing grup berkekuatan 1.200 personel dan bermarkas di Fort Bragg, North Carolina. Selain itu, 75th Ranger Regiment dapat dipanggil untuk menyediakan penggelaran pasukan gabungan. Green Beret juga memiliki tiga grup Psychoogical Operations (Psyop units)- yang menerapkan sejumlah taktik psikologis perang, melalui siaran radio, media televisi, untuk mempengaruhi emosi, moral dan perilaku musuh dan penduduk sipil. Disamping itu, mereka memiliki Batalion Civil Affairs– yang bertugas menangani administrasi wilayah yang diduduki, berurusan dengan pengungsi, memberi bantuan kemanusiaan, serta melakukan hubungan dengan pemerintahan lain.

Pendidikan prajurit Green Beret mencakup kursus penilaian dan seleksi (Assesment and Selection) yang berdurasi 23 hari. Mulai dari ujian kebugaran, stabilitas kejiwaan, kegigihan dan ketabahan, dan kepemimpinan, yang kesemuanya dilakukan dalam kondisi yang penuh tekanan. Pendidikan terdiri dari latihan navigasi US Special Forces, yang harus diselesaikan sambil membawa beban yang berat dan dipersenjatai senjata laras panjang. Dengan jarak 18km, pelatihan ini adalah pelatihan kursus navigasi AD yang memiliki jarak terjauh di antara pelatihan pasukan elite AS lainnya.

.

PELATIHAN SENJATA

Salah satu peran utama Prajurit Green Beret selama masa perang adalah mengadakan dan melatih pasukan tempur yang berasal dari warga sipil. Fungsi mereka dengan menggelar pelatihan senjata bagi penduduk lokal sangatlah efektif. Menenangkan hati penduduk dan membantu mereka meraih kesuksesan melawan musuh mereka yang memerlukan keahlian berbahasa yang baik, serta organisasi yang baik.

.

.

Disadur dari; Majalah Ultimate Special Forces – Versi Terjemahan Bahasa Indonesia – Hugh McManners

Posted on February 23, 2012, in Amerika Serikat, Pasukan Khusus. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: